Your future informatic and technology...

Your IP

IP

SPERMA Sintesis Pertama di DUNIA Ditemukan

ILMUWAN dari Newcastle University, Inggris, Selasa (7/7), mengklaim telah berhasil menumbuhkan sperma In-Vitro Derived (IVD), sperma sintetis pertama di dunia.

Sperma buatan tersebut ditumbuhkan dari sel batang embrionik dan dilakukan demi meningkatkan prospek pengobatan kesuburan kaum pria.

Sperma IVD yang dikembangkan para peneliti di Newcastle University di bawah pimpinan Professor Karim Nayemia memiliki karakteristik yang sama dengan sperma asli. Sperma IVD juga memiliki haploid nucleus dengan 23 kromosomnya, berekor, dan kemampuan berenang.

Kehadiran sperma sintetis tersebut disinyalir akan memberikan peluang untuk menumbuhkan sel reproduktif baru dari sel batang. Ini memungkinkan seorang pria mandul untuk kembali memiliki anak yang sah secara genetik sebagai anaknya.

Masalahnya, itu membutuhkan perubahan undang-undang mengingat penggunaan sperma sintetis semacam sperma IVD tersebut telah dilarang di Inggris sejak tahun lalu.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa memang mustahil membentuk sperma sintetis dari sel batang perempuan yang pernah dilontarkan sebelumnya oleh Nayemia.

"Wanita memang bisa menciptakan sperma. Namun, untuk menciptakan sperma yang benar-benar matang, dibutuhkan kromosom Y yang hanya terdapat di pria. Dengan demikian, pasangan lesbian sekalipun tidak akan memiliki anak tanpa sperma seorang pria," papar Nayemia.

Menanggapi hasil penelitian tersebut, peneliti lainnya menyarankan dilakukannya beberapa tes lanjutan meskipun bentuk sperma IDV telah menyerupai sperma asli. Ini untuk memastikan bahwa yang dikembangkan Nayemia dan timnya adalah benar-benar sebuah sperma. (times.co.uk/OL-04)

Posting Komentar

Kalo komentar jangan aneh - aneh ya....