Your future informatic and technology...

Your IP

IP

Sejarah Internet

Pada awalnya internet dibangun oleh Departement Pertahanan Amerika / DARPA (Defence Advanced Research Project Agency) , melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut ARPAnet pada tahun 1969, dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalamjarak yang tak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPAnet merancang bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Akhirnya semua standard yang merekatetapkan menjadi cikal bakal protokol baru, yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal internet dibagi untuk keperluan militer. Untuk melindungi sistem komunikasi dari serangan nuklir. Pada awalnya ARPA menghubungkan hanya 3 universitas saja yaitu : Stanford Research Institute, University of Calirornia Santa Barbara dan University of Utah.

Pada tahun 1972 ARPAnet mulai dikenalkan ke masyarakat umum. Pada saat itulah banyak masyarakat umum berbondong-bondong bergabung dengan ARPAnet. Karena semakin banyak penggunanya, ARPAnet tidak bisa meng-handle. Pada tahun 1986 NSF(Nayional Science Foundation) membangun jaringan sendiri yang disebut NFSnet. Hingga kemudian tahun 1988, ARPAnet resmi ditutup.

Posting Komentar

Kalo komentar jangan aneh - aneh ya....